Pengembangan air minum di Indanesia diterapkan melalui sebuah sistem, yang disebut Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum. Pengembangan SPAM menjadi tanggung jawab Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menjamin hak setiap orang dalam mendapatkan air minum bagi kebutuhan pokok minimal sehari-hari guna memenuhi kehidupan yang sehat, bersih, dan produktif sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan penyelenggaraannya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk secara khusus untuk pengembangan SPAM. Di Indanesia, penyelenggaraan tersebut dilakukan oleh PDAM. PDAM didirikan oleh Pemerintah Daerah dengan menempatkan sebagian kekayaan daerah yang dipisahkan sebagai modal dasar PDAM tersebut. Penyertaan modal tersebut merupakan bagian dari investasi permanen Pemerintah Daerah dan dilakukan dengan Peraturan Daerah.
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamandau didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lamandau Nomor 11 Tahun 2005 tanggpl 1 Agustus 2005 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamandau.
PDAM Kabupaten Lamandau merupakan badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang industri pengolahan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Lamandau, baik di ibukota kabupaten maupun kecamatan. PDAM Kabupaten Lamandau berlokasi di jalan Jenderal AHMAD YANI, Kalimantan Tengah dengan telp. (0532) 2071534, fax. (0532) 2071438, e-mail: pdam.lamandau@gmail.com PDAM Kabupaten Lamandau memiliki instalasi pengolahan Air 52 liter/detik untuk melayani masyarakat kecamatan 2 IKK yaitu:
- IKK Nanga Bulik 42 liter/detik
- IKK Sematu Joya 10 liter/detik
Visi
PERUSAHAAN AIR MINUM YANG MANDIRI DENGAN PELAYANAN PRIMA UNTUK TERSEDIANYA AIR BERSIH YANG BERMUTU
Misi
- Mandiri : artinya dapat berdiri sendiri melakukan pengembangan, pelayanan usaha untuk memperoleh keuntungan sehingga tidak membebani pemerintah Kabupaten Lamandau.
- Pelayanan Prima : memberikan pelayanan terbaik dengan segenap keahlian yang dimiliki kepada semua pihak agar dapat memenuhi tuntutan dan harapan pelanggan.
- Mampu menyediakan kebutuhan air bersih yang bermutu kepada masyarakat secara kontinyu, lancar dan memenuhi standar kesehatan. Dalam rangka membentuk PDAM yang mandiri, berkembang, serta dapat memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah untuk Menuju Kabupaten Lamandau Juara (Jujur, Unggul, Adil, Religius dan Aman.)
PETA JARINGAN PDAM


DATA SAMBUNGAN
No | Uraian | Jumlah Pelanggan |
---|---|---|
1. | Rumah Tangga | 3.548 |
2. | Niaga | 546 |
3. | Intansi Pemerintahan | 115 |
4. | Yayasan Sosial | 5 |
5. | Sekolah | 23 |
6. | Hidran Umum | 2 |
7. | Tempat Ibadah | 21 |
TOTAL | 4.260 |
KINERJA PERUSAHAAN

SUMBER DAYA MANUSIA
PDAM yang didirikan oleh Pemerintah Daerah didukung dengan organ dan kepegawaian. Organ PDAM terdiri dari:
a. Kepala Daerah selaku pemilik modal;
b. Dewan Pengawas: dan
c. Direksi
Struktur Organisasi

Struktur Organisasi PDAM Tirta Lamandau
Berdasarkan Peraturan Bupati Lamandau Nomor 09 Tahun 2019
Data Pegawai
NO | NIK | NAMA PEGAWAI | PANGKAT/GOL | JABATAN | PENDIDIKAN | STATUS | UNIT KERJA |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | 251 000 026 | ZULKARNAIN, S.E | Direktur | S.1 | Direksi | Unit Pusat | |
2 | 251 000 007 | M A N T O | Staf Muda/ C.1 | Kabag Administrasi & Keuangan | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
3 | 251 000 006 | THALIB P. MASSORA | Staf Muda/ C.1 | Kabag Tehnik | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
4 | 251 000 019 | MASNAWIAH | Pelaksana I/ B.4 | Kasubag Hubungan Langganan | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
5 | 251 000 015 | ATIN SAQIFUL NASIAH | Pelaksana I/ B.4 | Kasubag Keuangan & Bendahara | SMK | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
6 | 251 000 012 | SURYADI ASA | Pelaksana I/ B.4 | Kasubag Perawatan | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
7 | 251 000 016 | SRIJAJAR KARTIKA SAPTA | Pelaksana I/ B.4 | Kasubag Produksi | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
8 | 251 000 011 | MULA NYANGAN JARI, S.A.P | Staf Muda/ C.1 | Kepala IKK Sematu Jaya | S.1 | Pegawai Tetap | Unit IKK |
9 | 251 000 010 | WIDIAS TUTIE, S.E | Staf Muda/ C.1 | Pelaksana Umum & Personalia | S.1 | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
10 | 251 000 017 | P A U L A | Pelaksana I/ B.4 | Pelaksana Rekening/Kasir | SMK | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
11 | 251 000 009 | E R N I | Pelaksana / B.3 | Pelaksana Gudang | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
12 | 251 000 018 | AMRULLAH | Pelaksana I/ B.4 | Pelaksana Baca Meter | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
13 | 251 000 014 | SYAHRIAN, S.E | Staf I / C.4 | Kasubag Umum & Personalia | S.1 | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
14 | 251 000 013 | YUSRAN EFFENDY | Pelaksana I/ B.4 | Kasubag Distribusi | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
15 | 251 000 024 | PURWANTO | Pelaksana muda I / B.2 | Pelaksana Produksi | SMU | Pegawai Tetap | Unit IKK |
16 | 251 000 023 | ANDI ARIFUDDIN | Pelaksana muda I / B.2 | Pelaksana Distribusi | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
17 | 251 000 025 | BAGUS NUGROHO | Pelaksana muda I / B.2 | Pelaksana Baca Meter | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
18 | 251 000 027 | JOSEPH MICHEL TIUS RINGKIN, S.E | Staf Muda/ C.1 | Pelaksana Distribusi | S.1 | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
19 | 251 000 029 | BETHA, S.H | Staf Muda/ C.1 | Pelaksana Rekening/Kasir | S.1 | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
20 | 251 000 028 | ASEP KURNIAWAN | Pelaksana/ B.3 | Pelaksana Produksi | SMU | Pegawai Tetap | Unit Pusat |
21 | RAHMADI | Capeg | Pelaksana Distribusi | SMU | Capeg | Unit Pusat | |
22 | DIANA PISSA INDRA PURI | Honorer | Pelaksana Pembukuan | SMU | Honoror | Unit Pusat | |
23 | SRI NATALIA | Honorer | Pelaksana Infud Baca Meter | SMU | Honorer | Unit Pusat | |
24 | SABRI | Kontrak | Pelaksana Produksi | SMU | Kontrak | Unit Pusat | |
25 | ASMAT TALIL | Kontrak | Pelaksana Distribusi | SMU | Kontrak | Unit Pusat |